Bebas dari Gangguan Kesehatan Mata dengan Operasi LASIK

Bebas dari Gangguan Kesehatan Mata dengan Operasi LASIK

Prosedur Operasi Lasik | madium .com

Kesehatan mata sangatlah penting dan perlu Anda perhatikan. Bagi sebagian orang yang mengalami gangguan kesehatan mata berupa mata minus, mata plus maupun silinder pastinya ingin terbebas dari gangguan kesehatan mata. Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk terbebas dari gangguan kesehatan mata. Terbebas dari gangguan kesehatan mata dapat dilakukan melalui penanganan medis atau merubah pola makan Anda. Salah satu penanganan medis yang dapat Anda lakukan agar terbebas dari gangguan kesehatan mata adalah dengan melakukan operasi LASIK.

Pengertian Operasi LASIK

LASIK atau biasa dikenal dengan sebutan Laser-Assisted In Situ Keratomileusis merupakan salah satu penanganan medis berupa operasi untuk menangani masalah mata minus, mata plus, ataupun mata silinder. Operasi ini dilakukan menggunakan laser untuk memperbaiki titik fokus penglihatan. LASIK ini biasanya merupakan penanganan yang dapat mengatasi ketiga masalah gangguan mata berupa: rabun jauh, rabun dekat maupun silinder.

Risiko Operasi LASIK

Untuk melakukan LASIK ini sebaiknya Anda perlu untuk memperhatikan berbagai hal yang menjadi faktor risiko jika melakukan operasi ini. Jika Anda ingin melakukan operasi ini, pertimbangkanlah beberapa hal berikut:

  1. Penglihatan Kembali Semula Seperti Kondisi Pra-Operasi

Risiko selanjutnya yang bisa Anda dapatkan setelah melakukan operasi LASIK adalah penglihatan Anda tidak akan berpengaruh atau kembali seperti semula. Kasus penglihatan kembali seperti semula tidak jarang dialami oleh seseorang yang telah melakukan operasi ini. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon,

  1. Mata Menjadi Kering

Risiko berikutnya yang bisa Anda rasakan jika melakukan operasi LASIK adalah mata Anda akan menjadi kering setelah dilakukan operasi. Dengan melakukan operasi ini maka produksi air mata akan berkurang sehingga mata akan menjadi kering dan akan berpengaruh pada kualitas penglihatan. Oleh karena itu, Anda memerlukan tetes mata agar mata tidak kering

  1. Mata Sensitif Terhadap Cahaya

Risiko berikutnya yang dapat Anda rasakan setelah melakukan operasi LASIK adalah mata Anda akan menjadi sensitive terhadap cahaya. Oleh karena itu, Anda memerlukan untk menggunakan alat bantu kacamata setelah dilakukan operasi sehingga masalah sensitif pada mata dapat teratasi.

  1. Mata Menjadi Gatal

Risiko selanjutnya yang dapat Anda rasakan setelah menjalani operasi adalah mata akan menjadi gatal. Setelah melakukan operasi, tidak jarang seseorang mengalami gatal-gatal di sekitar mata. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak menggaruk atau mengucek mata Anda untuk mencegah bahaya lain yang dapat mengancam.

  1. Timbulnya Masalah Flap

Risiko berikutnya yang dapat Anda rasakan setelah menjalani operasi LASIK adalah timbulnya masalah flap. Flap itu sendiri merupakan pelipatan atau pemotongan pada bagian kornea mata. Setelah dilakukan flap dan ditempelkan kembali pada kornea kembali, seringkali akan menyebabkan jaringan epitel dapat tumbuh secara abnormal.

Prosedur Pelaksanaan Operasi LASIK

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin melakukan operasi LASIK mungkin Anda masih bingung dan bertanya-tanya mengenai prosedur pelaksanaan operasi ini. Banyak sekali opini yang berkembang di masyarakat jika operasi ini begitu berbahaya untuk dilakukan, namun Anda perlu mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan operasi ini.

Sebelum melakukan operasi, dokter akan memberikan Anda edukasi singkat dan penjelasan singkat mengenai dampak dan manfaat yang akan Anda dapatkan saat melakukan operasi ini. Setelah itu, dokter akan menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan riwayat medis. Dan dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan pra-bedah untuk menentukan apakah Anda dapat melakukan operasi ini atau tidak.

Jika telah dilakukan pemeriksaan pra-operasi dan Anda dinyatakan telah memenuhi syarat, maka Anda akan disuruh untuk berbaring di bawah perangkat bedah. Proses operasi LASIK ini akan dilakukan kurang lebih selama 30 menit. Setelah Anda berbaring di bawah perangkat bedah, maka Anda akan diberikan obat penenang agar anda rileks selama melakukan operasi.

Kemudian mata Anda akan ditetesi sebuah cairan yang berfungsi untuk membuat mata Anda menjadi mati rasa. Dan kemudian mata Anda akan ditahan menggunakan sebuah alat agar kelopak Anda akan tetap terbuka selama dilakukan proses operasi. Kemudian, mata Anda akan diletakkan cincin hisap kemudian akan dilakukan proses flap. Kemudian, setelah dilakukan proses flap, maka dokter akan menyalakan sinar laser untuk membentuk kembali bagian kornea.

Setelah dilakukanoperasi LASIK ini maka Anda akan merasakan gatal, terbakar, dan berair pada bagian mata Anda. Jika Anda merasakan gatal, jangan pernah mengucek mata Anda karena ini dapat berbahaya bagi mata Anda. Setelah melakukan proses operasi ini juga penglihatan Anda juga akan kabur untuk sementara waktu tetapi nantinya akan sembuh dan kembali normal seperti biasanya.

Setelah dilakukan proses operasi ini, Anda juga akan diberikan obat anti nyeri dan diberikan tetes mata agar membuat mata Anda akan terasa nyaman dan rasa gatal dapat diminimalisir. Beberapa hari setelah dilakukan operasi, Anda pun dianjurkan untuk memeriksakan kembali kepada dokter Anda.

Sumber:
https://mediskus .com/prosedur/operasi-lasik
https://hellosehat .com/hidup-sehat/fakta-unik/berbagai-fakta-yang-perlu-anda-ketahui-seputar-operasi-lasik/
https://www.alodokter .com/operasi-lasik-untuk-mata

Silahkan tinggalkan komentar