Inilah Makanan yang Ternyata Baik Untuk Kesehatan Mata Anda

Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu indera yang cukup penting pada tubuh kita. Banyak orang yang menyepelekan kesehatan mata dilihat dari kebiasaan masyarakat saat ini seperti berjam-jam berada di depan komputer atau menatap layar TV dalam jarak dekat. Padahal kebiasaan-kebiasaan ini tidak baik untuk mata dan akan berdampak buruk dan mengakibatkan gangguan kesehatan mata Anda. Oleh karena itu, Anda perlu merubah kebiasaan buruk Anda agar tidak berdampak buruk bagi mata Anda. Selain itu, Anda perlu memilih asupan makanan yang bergizi yang baik agar memiliki mata yang sehat.

Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Mata Selain Wortel

Jika biasanya Anda berpikir bahwa wortel merupakan makanan yang baik untuk kesehatan mata Anda, maka Anda perlu mengetahui bahwa bukan hanya wortel saja yang memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan mata Anda. Ada berbagai jenis makanan lainnya selain wortel yang ternyata tidak kalah baiknya untuk kesehatan pada mata. Makanan apa sajakah itu? Berikut beberapa makanan yang baik untuk mata:

  1. Sayuran Hijau

Makanan yang pertama yang ternyata baik bagi kesehatan mata adalah sayuran hijau. Ternyata bukan hanya wortel yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Beberapa sayuran hijau seperti bayam memiliki kandungan berupa vitamin C, vitamin E, karotenoid, zeaxanthin yang merupakan zat gizi yang sangat baik untuk memiliki mata yang sehat. Dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau, maka Anda menurunkan risiko penyakit mata dalam jangka panjang.

Kandungan zeaxanthin pada sayuran hijau ternyata dapat melindungi mata dari sinar biru yang berbahaya bagi mata. Agar Anda dapat mengonsumsi zeaxanthin yang terdapat pada sayuran hijau lebih banyak, sebaiknya Anda mengolah sayuran hijau dengan minyak seperti menumisnya karena sayuran hijau ini larut lemak.

  1. Ikan Salmon

Makanan berikutnya yang baik untuk kesehatan mata adalah ikan salmon. Retina mata membutuhkan asam lemak agar dapat bekerja dengan baik. Seperti yang kita ketahui ikan salmon ini mengandung asam lemak berupa omega 3 yang tinggi sehingga kandungan omega 3 dalam ikan salmon ini sangat baik bagi retina mata Anda. Omega 3 ini juga dapat melindungi mata Anda untuk terkena katarak. Bukan hanya ikan salmon yang memiliki kandungan omega 3, ada beberapa ikan lainnya yang juga memiliki kandungan omega 3 yang tinggi seperti ikan tuna. Jadi Anda masih memiliki alternatif lain selain mengonsumsi ikan salmon.

  1. Telur

Makanan selanjutnya yang baik bagi kesehatan mata adalah telur. Bahan makanan yang satu ini pasti sangat familiar bagi Anda. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang pasti ada di rumah. Tapi siapa sangka jika bahan makanan yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin di dalam telur dapat menangkal sinar biru yang seperti kita ketahui bahwa sinar biru ini sangat berbahaya bagi mata. Kita sering terpapar oleh sinar biru dari gadget ataupun computer. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki mata yang sehat, maka Anda dapat menjadikan telur ini sebagai alternatif Anda untuk terhindar dari gangguan kesehatan pada mata.

  1. Tomat

Makanan selanjutnya yang baik untuk mata adalah tomat. Apakah Anda sering mengonsumsi tomat? Maka Anda patut berbangga karena tomat ini merupakan bahan makanan yang dapat membantu penglihatan Anda menjadi lebih baik. Kandungan lycopene pada tomat dapat menjaga mata Anda tetap sehat.

Kebiasaan yang Perlu Anda Rubah Untuk Memiliki Mata Sehat

Selain makanan, kebiasaan Anda sehari-hari dapat menjadi faktor penyebab gangguan pada mata. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki mata yang sehat dan terbebas dari masalah kesehatan mata, maka Anda harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk Anda yang menjadi penyumbang dampak buruk bagi mata. Apa sajakah kebiasaan buruk tersebut? Berikut beberapa kebiasaan buruk yang harus Anda tinggalkan.

  1. Kebiasaan Membaca di Ruangan dengan Cahaya yang Tidak Memadai

Kebiasaan buruk yang pertama yang harus Anda hindari adalah membaca di ruangan atau tempat dengan cahaya yang tidak memadai. Kebiasaan membaca di ruangan yang redup merupakan salah satu kebiasaan buruk yang wajib Anda hindari. Hal ini dikarenakan jika Anda membaca di ruangan dengan cahaya yang tidak mendukung maka mata Anda akan mudah lelah sehingga akan berdampak buruk bagi mata. Dan mata akan memaksakan untuk membaca sehingga akan memaksa mata diluar kemampuannya.

  1. Kebiasaan Menggunakan Gadget dalam Waktu Lama

Gadget memang salah satu alat elektronik yang tidak bisa terlepas dari Anda. Namun, Anda harus tahu jika gadget ini berdampak buruk bagi kesehatan mata Anda karena radiasi maupun sinar biru akan dipancarkan oleh layar gadget sehingga akan membuat mata terpapar sinar biru yang diketahui sinar biru ini tidak baik untuk mata.

Sumber:

https://mediskus .com/nutrisi/makanan-untuk-menjaga-kesehatan-mata
https://doktersehat .com/ingin-mata-sehat-10-makanan-ini-baik-untuk-penglihatan-anda/
http://www.pikiran-rakyat .com/hidup-gaya/2017/11/07/7-makanan-terbaik-untuk-mata-413183

Silahkan tinggalkan komentar