Konsumsi Wortel Dapat Membuat Mata Sehat, Mitos atau Fakta

Wortel Dapat Membuat Mata Sehat

Konsumsi Wortel Dapat Membuat Mata Sehat

Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca berita mengenai wortel yang dapat membuat mata Anda sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan mata. Bagi Anda yang masih bingung dan bertanya-tanya apakah hal tersebut benar atau hanya mitos belaka, maka Anda dapat mengetahui jawabannya melalui penjelasan berikut.

Kandungan Gizi Wortel

Bagi Anda yang menginginkan mata sehat dan normal, maka Anda dapat mencoba mengonsumsi wortel ini setiap harinya. Hal ini dikarenakan wortel memiliki beberapa kandungan gizi yang baik bagi kesehatan mata Anda. Kandungan vitamin A yang sangat besar di dalam wortel sebesar 12000 SI ini yang membuat wortel memiliki manfaat untuk membuat Anda memiliki mata yang sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan mata. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A merupakan zat gizi yang memberikan kontribusi besar terhadap kesehatan mata. Ada berbagai kandungan gizi lainnya yang terdapat di dalam wortel yang baik untuk kesehatan seperti: kalsium, besi, vitamin C, beta karoten, vitamin B1, dan masih banyak lagi. Jadi informasi mengenai mengonsumsi wortel itu baik untuk kesehatan mata adalah fakta.

Kandungan Gizi Wortel

Kandungan Gizi Wortel | id.pinterest .com/pin/680043612459325783/

Kandungan gizi wortel yang tidak hanya berupa vitamin A, membuat wortel ini menjadi salah satu sayur yang tidak hanya akan membuat mata sehat namun dapat bermanfaat pula bagi kesehatan kulit karena mengandung vitamin C dan berbagai vitamin lainnya. Jadi Anda wajib mengonsumsi wortel ini karena kandungan gizinya yang kaya akan membuat Anda tetap sehat dan terbebas dari segala jenis penyakit.

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Mata

Wortel merupakan salah satu sayuran yang dapat dengan mudah didapatkan di pasaran. Wortel ini memiliki rasa yang enak karena manis jika diolah menjadi jus. Tidak seperti dengan sayur kebanyakan yang selalu dianggap memiliki rasa yang tidak sedap, lain halnya dengan wortel ini. Hal ini dikarenakan wortel ini tidak memiliki rasa pahit sehingga dapat dan akan disukai oleh anak-anak. Wortel ini memang tidak dapat membuat mata minus menjadi normal, namun wortel ini dapat membuat mata sehat dan tidak akan memperparah kesehatan pada mata.

Anda harus membiasakan anak Anda untuk mengonsumsi jus wortel agar anak Anda terhindar dari gangguan pada mata. Wortel memiliki kandungan yang kaya akan beta karoten yang mana beta karoten ini sangat baik untuk mata. Dengan rutin mengonsumsi wortel maka mata Anda akan terhindar dari gangguan kesehatan mata. Dengan mengonsumsi wortel ini merupakan salah satu bentuk tindakan pencegahan agar mata sehat.

Beta karoten dari wortel yang kita konsumsi akan diubah menjadi vitamin A di dalam hati. Vitamin A ini kemudian akan diubah dalam retina, dimana dengan transformasi vitamin A pada retina ini akan berguna agar mata sehat terbebas dari gangguan kesehatan mata dan akan membantu ketajaman penglihatan pada malam hari. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang rajin mengonsumsi wortel ini memiliki potensi lebih kecil terkena katarak dibanding yang tidak mengonsumsi wortel.

Cara Mengolah Wortel Menjadi Hidangan yang Nikmat

Bagi Anda yang tidak terlalu suka makan sayur, tentunya makan wortel menjadi salah satu kendala bagi Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menikmati hidangan wortel tanpa harus takut dengan rasanya. Berikut beberapa tips mengolah wortel menjadi hidangan yang nikmat dan tentunya akan membuat mata sehat jika rutin mengonsumsinya.

  1. Bersihkan wortel dengan air rendaman air dan garam kemudian bilas dengan air mengalir. Mencuci wortel atau sayuran dengan air rendaman garam berguna untuk membersihkan wortel dari peptisida
  2. Setelah dibersihkan, potonglah wortel menjadi dua bagian agar mudah untuk dibuat jus
  3. Setelah dipotong atau dibelah menjadi dua bagian, masukkan potongan wortel ke dalam juicer.
  4. Untuk membuat jus wortel semakin nikmat, tambahkanlah susu rendah lemak dan madu. Sehingga rasa jus wortel menjadi lebih gurih dan manis. Jus wortel ini akan membuat siapapun suka termasuk bagi Anda yang tidak menyukai konsumsi sayur.

Itulah berbagai informasi mengenai wortel bagi kesehatan mata. Jadi berita yang tersebar di masyarakat selama ini mengenai wortel yang baik untuk kesehatan mata bukanlah hanya sekedar mitos belaka. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa wortel ini baik untuk kesehatan mata. Tetapi mengenai wortel dapat menyembuhkan gangguan kesehatan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, ataupun silinder tidaklah benar. Wortel ini hanya merupakan alternative yang dapat digunakan sebagai hidangan yang dapat membuat mata menjadi sehat dan tidak memperparah kondisi kesehatan mata yang Anda alami. Rutin mengonsumsi wortel akan membuat mata sehat. Jadi jika Anda ingin memiliki mata yang sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan mata, maka Anda patut mencoba mengonsumsi wortel.

 

Sumber:
http://caramengobatisakitmata.blogspot .com/2015/07/manfaat-wortel-untuk-mata.html
https://obatuntukatasikeluhanpadaorganmata26.wordpress .com/tag/manfaat-wortel-untuk-sehatkan-mata

Silahkan tinggalkan komentar